Blogroll

Pages

Jumat, 17 Mei 2013

Walkthrough Final Fantasy XII PS2 part 5&6 | AC Gamers




Final Fantasy 12 (Bagian 5 & 6)

Golmore Jungle
Setelah mendapatkan pemberian dari Eruty dan pembicaraan dengan Fran, saatnya bagimu untuk berpetualang lagi di Gulmore Jungle. Area yang sebelumnya tidak bisa dilewati karena dihalangi oleh perisai berwarna biru (sekarang kamu sudah bisa melewatinya). Kalo kamu ke bagian selatan lalu ke barat kamu akan bertemu dengan Hellhounds yang sangat kuat dan beberapa treasure yang tidak terlalu berharga. Jika kamu terus lagi ke selatan kamu tidak hanya bertemu lebih banyak Hellhounds tapi juga Coeurls dan juga Diresaur yang sangat berbahaya. Coeurls juga mematikan dan akan membuat perjalananmu tidak bisa dilanjutkan lagi. Jalan keluar disini akan membawamu ke Feywood, tapi kamu belum perlu untuk ke sana sekarang.
Jadi pergilah melewati perisai yang mengarah ke timur bagian Golmore Jungle. Kamu akan melihat beberapa monster yang pernah kamu temui di area sebelumnya (seperti Malboro dan Gorgoyles juga Great Malboro). Dia tidak jauh beda dengan Malboro yang biasa. Jalanlah sampai menemui Save poin dan save disini.
Di area ini kamu akan berhadapan dengan Elder Wyrm dan juga 2 Treant. Gunakan Protect, dan berserk untuk beberapa karakter saja (sebaiknya jangan ke Larsa karena dia berguna untuk memberimu High Potion). Kalahkan kedua Treant terlebih dahulu dengan cepat, kemudia kamu bisa menghadapi Elder Wyrm. Dia akan mengelurkan Fireball yang kemungkinan bisa membunuh beberapa karakter. Dia juga akan memberimu serangan yang membuatmu terkena status yang merugikan jadi bersiaplah untuk menggunakan Remedy atau Esuna untuk mengembalikan status karaktermu. Dia juga sering menyerang secara membabi – buta beberapa kali, jadi gunakanlah Protect untuk meredam serangannya.
Kembalilah ke tempat save di area sebelumnya setelah kamu mengalahkannya, lalu teruskan perjalananmu melewati beberapa area di sebelah kanan yang akan membawamu ke Paramina Rift

Paramina Rift
Bicara dengan orang – orang yang ada disini lalu save lagi. Setelah melewati area save, pergilah ke jalan yang disebelah selatan lalu ke arah Barat Daya. Kamu akan sampai di Feywood, tapi ksmu tidak mau lama – lama disini. Jadi pergilah, ke timur area selanjutnya (dead end ultimately), lalu ke utara. Sekarang kamu akan berada di Frozen Brook, sebaiknya kamu ambil jalur yang menuju ke barat daya agar bisa menemukan save point, lalu melanjutkan perjalanan ke Stilshrine of Miriam yang letaknya sangat jauh. Di Stilshrine of Miriam kamu akan melihat jalanan yang sangat panajng dan sebuah pintu yang tidak dapat kamu buka saat ini, jadi kembalilah ke Frozen Brook dan ambil jalur menuju Timur Laut yang mengarah ke Mt Bur Omisace.
Kalo kamu ke Timur Laut kamu akan sampai di Mt Bur Omisace. Kamu juga telah menjelajahi sebahagian besar dari wilayah Paramina Rift. Di Mt Bur Omisace ada banyak barang bagus dijual di toko yang bisa kamu cek. Haste adalah magic yang wajib kamu beli, senjata dan armor yang bagus juga ada disini. Jadi jual semua Loot yang kamu dapat dari bertarung dan belanjalah sepuasmu.
Setelah puas belanja saya tidak melanjutkan perjalanan terlebih dahulu tetapi saya kembali ke Rebanastre untuk berburu. Saya mengambil Ring Wyrm, jadi bicaralah dengan Balzac di LowTown lalu berangkat menuju Windtrace Dunes di Westersand. Kamu akan melihatnya di sekitar arah BaratDaya. Sebelum kamu melawannya, pastikan semua orang sudah memakai Protect dan Haste. Kalo sudah, serang (Vaan dan Balthier memakai Kogarasumaru Katana dan Fran menggunakan Loxley Bow saat melawannya). Masalahnya adalah, Selain dia akan menggunakan serangan seperti Breath dan Fireball yang mematikan dia juga akan menggunakan serangan status Immobilizega jadi kamu sebaiknya kamu memakai Smelling Salts untuk menangkisnya (walaupun sebenarnya jarang berhasil). Untungnya Larsa akan membantumu Dengan High Potions, yang sangat kamu butuhnkan. Ring Wyrm akan menggunakan Restore paling sedikit satu kali untuk memulihkan HP-nya yang sekarat. Jika kamu selalu menggunakan Haste, Protect dan Berserk kamu pasti bisa mengatasiny6a dengan cepat. Setelah menang bicara ke Balzac untuk mendapatkan 200 gil, Moon Ring, dan sebuah Icebrand.

Bur Omisace
Untuk melanjutkan perjalanan yang tertunda tadi, kembalilah ke Mt Bur Omisace jalanlah ke bagian utara kota. Bicara dengan semua orang disini dan mereka akan mengira bahwa kamu adalah pengungsi yang baru datang. Jalan lagi ke puncak di Temple Grounds untuk melihat beberapa cuplikan. Bicara pada His Grace the Gran Kiltias, the dreamsage. Ini adalah cerita yang sangat panjang tentang sebuah konspirasi besar. Kalo kamu sudah siap untuk pergi, sekarang saatnya menuju ke Stilshrine of Miriam.

Stilshrine of Miriam
Kalo kamu mengikuti petunjuk Walkthrough ini kamu pasti tahu kalo lokasinya di sebelah selatan. Kalo kamu sudah sampai, save dan equip Dawn Shard. Ini akan membuat Mpmu jadi 0, tapi jangan kuatir karena disini kamu memang diharuskan untuk memakainya. Pergilah ke pintu masuk lalu ke tengah area, dan periksa ada teleport di sekitar sini. Kamu akan berpindah tempat yang ada Treasure dan Miriam Guardian, kalahkan dia dulu. Kalo kamu memakai Libra kamu pasti melihat ada jebakan di dekat Treasure, tapi jebakan itu adalah megalixir jadi tidak apa – apa.
Selanjutnya, kamu akan berhadapan dengan tiga Dragon Aevis. Hati – hati dengan mereka khususnya saat mereka masih bertiga. Pastikan kamu sudah memakai Protect sebelum melawan mereka. Setelah kamu mengalahkan mereka akan ada bebapa tembok yang bergerak dan melawanmu (mereka adalah Miriam Facer). Carilah jalan menuju Save Point berwarna hijau, yang sebenarnya adalah Crystalbug. Dia sangat cepat dan punya magic yang kuat yang bisa mengenai semua karakter. Kalahkan dia secepat mungkin, dan kamu akan menemukan Save Crystal yang asli saat kamu menang.
Di area selanjutnya jalannya akan bercabang 3, yang kana ke arah yang sebenarnya tapi belum bisa terbuka jadi ambil jalan ke kiri kamu akan melawan kuda berwarna Ungu (Darkmare). Dia agak sulit dihadapi karesa jika kamu menyerangnya saat dia berpindah tempat maka HP-nya tidak akan berkurang. Kamu juga akan melawan beberapa Gigas lalu kamu akan dihalangi oleh pedang raksasa. Periksa pedang itu dan pintu yang tadinya tertutup sekarang terbuka. Pergilah kesana dan gunakan teleporter untuk ke tempat awal kamu masuk.
Sekarang ambillah jalan yang ada di samping yang menuruni tangga dan masuk. Kamu akan melawan beberapa monster yang agak tangguh buatmu saat kamu melewati area ini. Di area berikutnya ada beberapa jalur, usahakan kamu melilih jalur yang mengarah ketengah lalu ke arah TimurLaut untuk menghadapi boss.
Vinuskar adalah boss yang terlihat sangar tapi sangat mudah untuk dikalahkan berbeda dengan yang kamu bayangkan. Pada awalnya dia akan berada sangat jauh, ini kesempatanmu untuk menggunakan Protect, Haste, Shell pada karaktermu, juga Berserk untuk satu atau dua orang. Dilayar akan ada tanda bahwa benda – benda metal akan menjadi berat, tetapi saya tidak menemukan kesulitan sama sekali terhadap sinyal tersebut padahal saya punya beberapa armor yang terbuat dari metal. Lagipula HP-nya sangat cepat berkurang dan saat kritis dia akan mengeluarkan serangan status juga Sword Dance yang mematikan untuk mengalahkanmu. Sword Dance adalah serangannya yang paling kuat jadi kalau kamu bisa selamat dari serangan yang menguras 500HP itu kamu pasti bisa mengalahkannya dengan mudah.
Satu layar ke sebelah timur ada Peta Stilshrine of Miriam. Kamu akan berjumpa dengan patung yang bisa kamu gerakkan, jadu putarlah searah jarum jam (Clockwise) sampai patung tadi menghadap ke tengah peta. Sekarang pergi ke patung yang lain (satu di sebelah selatan dan satu di sebelah timur) semuanya harus menghadap ke tengah peta. Setelah itu kembalilah ke pintu masuk dan kamu akan melihat patung Colossus mengangkat pedangnya, membuka jalan ke area yang tidak bisa dilalui sebelumnya
Balik ke area pertama, lalu pergi ke switch yang akan memindahkanmu ke area bagian selatan. Dan kamu akan meneruskannya melalui jalan yang tadi dihalangi oleh pedang, dan Negalmuur akan menyerang secara tiba-tiba. Pertempuran ini akan sulit, tapi Berserk akan membantumu melaluinya.
Sebelum kamu masuk sebaiknya kamu save dulu untuk memulihkan tenaga. Pakai Protect dan Shell, begitu juga dengan Haste. Kamu juga bisa memakai Berserk pada beberapa karakter agar menyerang dengan cepat, dan satu karakter bersiap untuk menggunakan Cure/Curaga dan menyerang dari jarak jauh.
Mateus The Corrupt adalah lawanmu. Dia adalah Esper yang bisa kamu tangkap, dan dia suka menggunakan Blizzaja. Serangannya ini akan mengurangi banyak HP, jadi gunakan Shell selalu. Selain daripada itu serangannya hanya biasa-biasa saja, usahakan HP mu tidak terlalu sedikit dan dengan Berserk kamu akan memenangkannya.
Ke area selanjutnya dan kamu akan melihat Nethicite akan dihancurkan oleh Pedang. Pedang ini adalah Sword of Kings. Kamu boleh memakainya jika kamu mau, jika tidak keluarlah.

Mt. Bur Omisace.
Kembalilah ke Mt.Bur Omisace dan sepertinya tempat ini telah diserang oleh Judge dari Imperial yang sekarang berada di area teratas, sebelum itu buatlah persiapan untuk bertarung..
Pertarungan nanti akan sulit sekali. Ada tiga judges dibelakangmu, dan Judge Bergen berada jauh didepanmu. Cepat gunakan Haste, dan Protect pada semua karakter. Bergen sangat cepat dan serangannya bisa menguras banyak Hpmu bahkan saat menggunakan Protect. Ada beberapa larakter saya yang menggunakan Katana tapi segera saya ganti dengan senjata yang bisa menggunakan perisai. Kamu bisa menggunakan area bertarung yang luas , dan kamu bisa memancingnya berlari untuk mengejarmu sementara karakter yang lain menyerangnya dari belakang.
Kamu akan melihat beberapa cuplikan kemudian kamu bisa melihat cara untuk menuju ke Archadia. Tapi, sekarang kamu akan disibukkan dengan hunts-hunts yang tersedia kamu bisa mengambilnya pada Montblanc dan juga di SandSea.

Rabanastre
Diantara semua hunts tersebut, kerjakan hunts Lv.2 melawan Ixtab. Teleport ke Jahara lalu bicara pada High Chief Zayalu. Gunakan Chocobo dan segera berangkat ke Henne Mines. Di dalam, tekan switch dan pergi ke area di selatan (Phase 1 Shaft). Tekan switch disini lalu masuki jalan yang mana saja. Ixtab nanti akan muncul saat kamu sampai di ujung yang mempertemukan kedua jalan tadi.
Ixtab tidaklah sulit untuk dikalahkan kecuali karena Doom dan Death Sentence yang bisa membuatmu kesal. Gunakan Protect dan Shell tapi Haste dan Berserk mungkin bisa lebih membantumu. Ixtab tidak akan bertahan lama karena dia tidak bisa memberikan kerusakan yang berarti padamu. Kembali ke Jahara untuk mengambil 1300 gil, Ether dan Soul Powder.
White Mouse sudah lama bisa kamu ambil tapi waktu itu dia sangat sulit untuk ditakhlukkan, mungkin sekarang juga. Ambil Hunts ini di Sandsea lalu bicara pada sorbet (Teleport Moogle yang bertugas di Westersand Area). Setelah itu kamu sudah bisa melawan White Mousse. Tapi sebelumnya, beli 3 Viking Coats (gunakan ini pada karakter yang akan bertarung dengan White Mousse).
Pergilah ke Garamsythe Waterway, West Sluicide Control. Bersihkan area ini dari monster tapi jangan turun lewat tangga yang mengarah pada area yang berair dulu. Karena dia akan muncul tepat saat kamu menginjak air. Pertama-tama kamu harus memakai Viking Coats jadi kamu bisa kebal dari serangan Waterganya. Lalu, pakailah Protect dan Haste pada semua, juga Berserk pada para penyerangmu. Tanpa Waterga, Dia tidak bisa memberikan kerusakan yang berarti. Dia bisa memberikan serangan ber-starus, Blind sangat mengganggu begitu juga Slow dan Poison. Dia juga punya HP yang sangat banyak dan akan menggunakan jurus Waterga rage saat dia menyala kemerahan (kemungkinan saat Hpnya tinggal 10%). Kamu akan mendapat Broken Keys saat menang, lapor pada Sorbet dan kamu akan dikasih 2800 gil dan Yoichi Bow. Yoichi Bow sangat berguna saat ini. Tidak hanya itu Sorbet juga akan memberikan Broken Key yang sudah diperbaiki, yang bernama The Sluice Gate Key.
Kamu bisa menggunakan kunci inin untuk melawan Esper Quecklain, tapi dia sangat tangguh sekarang jadi lebih baik nanti saja. Sekarang kembali ke Sand sea dan ambil Feral Retriefer (Coeurl) dan bicara pada Hymms di Mt.Bur Omisace. Dia berada di debelah kanan pada area pertama, setelah itu pergi ke Paramina Rift. Jalan ke arah Save Crystal yang ada di Selatanmu lalu ke atar Barat dimana Feral Retriever berada. Dia mirip sekali dengan Coeurl dan dia juga monster pertama yang kamu temui pada area ini. Cepat gunakan Protect dan Haste ke semua dan Berserk untuk satu atau dua karakter. Dia menggunakan serangan Mind Lash dan Blaster, selain itu juga serangan fisiknya hanya itu. Hpnya sangat-sangat sedikit dibandingkan dengan White Mouse yang kamu lawan, dia akan cepat kalah asal kamu terus memperhatikan HP mu. Ambil 1500 gil, Recurve Crossbow dan 2 Teleport Stone dari Hymms.
Di Rabanastre, ambil hunts Vorpal Bunny dan Teleport ke Eruty Village. Bicara pada Nera, lalu Golmore Jungle adalah tujuan selanjutnya, dia berada di tengah area Rustling Chapel. Vorpal Bunny tidak begitu sulit yang sulit adalah, dia suka berlari-lari dan kamu harus mengejarnya dan dia akan menghilang jika kamu kehilangan jejaknya (atau karena kamu diserang oleh monster lan). Dan tentu saja HP nya akan kembali normal jika dia berhasil lolos. Jadi jangan ke tengah area dulu sebelum kamu mengalahkan semua monster yang lain karena dia tidak akan berhenti berlari. Jika tidak ada musuh yang menghalangimu kamu tidak akan mengalami banyak kesulitan melawannya. Kamu akan mendapat Rabbit’s Tail saat menang. Kembali ke Nera di Eruty Village dan kamu akan bertemu dengan Alja juga. Kamu akan diberi 2000 gil, Lightning Arrow dan Gillie Boots sebagai ucapan terima kasih.
Di Rabanastre kamu bisa mengambil hunts Marilith. Bicara dengan Bartender di Sandsea lalu berangkat ke Westersand ambil jalan menuju Zertinan Caverns. Jalanlah ke selatan sampai kamu melihat Monster Speartongue beserta sebuah perangkap di sebelah timur dari petamu kalahkan monster itu lalu gunakan Protect, Haste dan Berserk pada 2 karakter saja. Lalu majulah ke tempat yang terdapat sinar mataharinya selanjutnya Marilith akan muncul. Dia menggunakan serangan biasa tapi kadang-kadang memakai Tail Spear yang bisa membuat karektermu jadi Slow. Hpnya sangat banyak juga gerakan yang cepat tapi kamu pasti bisa meng-ungguli dia. Setelah menang kamu akan mendapat A cask of Serpentwyne Must yang sangat diinginkan oleh bartender, jadi berikan padanya dan dia akan memberimu 2200 gil, 3 teleport stone dan Serpent Eye.
Periksa lagi papan pengumuman. Mindflayer adalah huts berikutnya kemudian bicaralah pada Warrior Guromu di Jahara. Kamu harus membantu temannya Asdalu yang berada di Henne Mines.

Rabanastre
Ambil Hunts Atomos di Sandsea, kemudian berangkat ke Nalbina melalui Aerodrome. Kamu mungkin tertarik untuk belanja disini karena banyak senjata dan armor baru disini, seperti Icebrand. Juga membeli Magic Dispel dan Bio. Setelah belanja Bicara pada Burrogh untuk memulai hunts Atomos, lalu ambil jalur ke Mosphoran Highwaste.

Mosphoran Wasteland
Ada banyak sekali perangkap disini. Gunakan Libra dan hati-hatilah melangkah, karena kamu tidak bisa mengendalikan 2 karakter yang lain agar menghindari jebakan. Pergilah ke area yang ada di tengah. Disini ada save crystal juga toko yang menjual senjata dan armor periksa toko ini lalu save. Kalau sudah jalanlah ke utara. Nantinya kamu akan sampai di area yang bernama Northern Skirts yang, kalahkan beberapa Vultures disini, gunakan Haste, Protect, dan Berserk dan bersiap untuk melawan Atomos. Atomos tidak susah untuk dihadapi, kebanyakan dia hanya menggunakan serangan fisik dan Spin Kicks saat dia sekarat. Dia juga menggunakan Regen, Protect dan Shell jadi kamu harus segera memberikan Dispel padanya. Gunakan strategi memancingnya mengejarmu dan karakter lain akan menyerangnya dari belakang, pakai terus strategi inin dan dia akan segera kalah, Burrogh akan memberimu 1800 gil, Gaia Rod, dan Diamond Shield atas kerja kerasmu.
Balik ke Rabanastre, bicaradengan Montblanc untuk mendapatkan hadiah atas jasa-jasamu lalu ambil hunts Braegh lalu teleport ke Mosphoran Wasteland. Bicaralah dengan Va’Kansa yang berdiri di dekat toko untuk memulai misimu, Braegh berada di sebelah BaratLaut dari Salikawood, dekat Necrohol of Nabudis.

Salikawood
Gunakan save point untuk mengisi tenagamu, pergi ke sisi bagian timur. Kalau kamu ingin pergi ke sisi sebelah BaratLaut, Bomb King akan menghalangi jalanmu. Kamu bisa menglahkannya menggunakan Quickkening Combo tapi ini bukan jalan yang kamu tuju saat ini selain karena dini monster ganas-ganas. Jadi pergi ke sisi timur dan bicara pada Moogle Boss yang ada di Gerbang lalu kamu bisa mengecek petamu. Kamu akan melihat beberapa tanda seru di petamu itu adalah tempat ke-9 moogle yang harus kamu bawa ke Moogle Boss. Setelah kamu berhasil membawa semuanya gerbang yang tadi tertutup akan terbuka lalu bicara pada Moogle Boss untuk menerima sepasang Quasimodo Boots.

Phon Coast
Area ini mempunyai pemandangan yang enak dilihat. Cari cara agar kamu bisa sampai ke area yang ada di sebelah tenggara, semoga saja kamu sudah membeli beberapa senjata panah yang bagus untuk menghadapi Pyrolisk Flyers. Nanti kamu akan sampai di area perkemahan dan kamu bisa membeli beberapa senjata dan armor yang lebih baik, bicara pada semua orang dan cari informasi mengenai arah menuju Tchita Upplands. Sekarang kamu sudah sangat dekat dengan Archadia, tapi mulai sekarang monster-monternya juga semakin tangguh.

Tchita Upplands
Jalanlah menuju area di selatan kemudian ke area yang di timur. Dekat Save Crystal kamu akan bertemu dengan Archadian Wayfarer. Dia akan memberikan misi Hunts melawan ??? terima saja dan kamu akan diberikan Soul Ward Key. Letak buruanmu ada di Sochen Cave Palace. Setelah save berangkat ke tempat yang dituju yaitu ke arah TimurLaut.

Sochen Cave Palace
Jalan ke Utara dan tidak lama kemudian kamu akan menjumpai sebuah pintu. Sebelum membukanya menggunakan Soul Ward Key, pakai Protect dan Haste ke semuanya juga Berserk kalau kamu mau lalu masuk. % Monster kecil dan akan menghadangmu, mereka adalah Topstalk, Onion Queen, Mandragora Prince, Alraune King dan Pumpkin Star. Jang anggap remah mereka karena mereka bisa memberimu serangan status seperti Blind, Sleep dan Poison. Serangan mereka tidak terlalu kuat jika mereka melawanmu satu per satu tapi saat mereka menyerang serempak sebaiknya kamu menggunakan Protect. Usahakan agar kamu memfokuskan seranganmu ke satu monster ini akan mempermudah pertarunganmu. Ingat karena ini adalah misi yang dibeikan oleh Archadian Wayfarer di Tchita Upplands maka kembalilah kesana untuk mendapatkan 1000 gil, dan 3 Remedy.
Setelah kamu sampai lagi di Sochen Cave Palace, ambil jalan yang mana saja lalu jalan ke utara.Disana akan ada Crystalbug, kalahkan Crystalbug dan Save Crystal yang asli akan muncul. Save dan lanjut ke arah timur dimana kamu melihat ada Bangaa yang mati.
Di area ini akan ada beberapa cabang yang akan mengarah ke utara, beberapa diantaranya akan terblokir oleh air terjun. Cari jalan yang benar dan kamu akan menemukan Peta di tengah area dekat pintu.. Wendigo dan Striker punya serangan fisik yang kuat jadi Protect akan sangat berguna disini. Kamu akan menemukan banyak elemen gambit sekitar sini, seperti Ice, Bolt, juga Fire.
Di ujung jalan nanti kamu akan samapi ke ruangan yang berbentuk persegi di sebelah utara, dan Ahriman muncul. Karakter ini akan membelah diri selama pertarungan, tapi semakin banyak Ahriman akan semakin sedikit HP masing-masing Ahriman itu. Waspada terhadap jurus Doom dan juga serangan statusnya, serangna fisiknya tidak akan terlalu berarti buatmu tapi kalao adalima Ahriman yang menyerangmu kamu harus menggunakan Protect dan juga Cura. Setelah menang lanjutkan perjalanan dan naik lift samapai diatas save dulu.

Old Archades
Akhirnya kamu sampai juga disini. Periksalah toko dan beli beberapa Emboided Tippet lalu jalan lagi dan kamu akan menjumpai save point juga Imperial Guards. Mereka tidak akan mengizinkanmu lewat, dan kamu harus mencari akal untuk lewat jadi berilah Jules uang dan dia kana membantumu. Bicaralah dengan semua orang terutama yang berada di area TimurLaut bag of loot guy. Kembali ke Jules lalu kembali ke bag of loot guy lagi (Bicara sama semua orang lagi).Sekang kembali lagi ke Jules dan Penjaga akan pergi karena mendengar keributan sekarang kamu bisa ke Archadia.
Jalan ke BaratLaut ke area toko Magic dan Technicks. Di toko Teckhnick ada peta Archadia yang bisa kamu beli untuk memudahkan perjalananmu. Beli juga beberapa armor dan senjata baru kalau kamu mau dan bicara pada Cab Driver di area BaratDaya. Tidak tidak akan mengantarmu karena kamu tidak punya 9 Chop. Jules akan muncul dan menjelaskan tentang Chop kalau kamu memberinya uang lagi.
Untuk mendapatkan Chop kamu harus pergi ke 4 area di Archadia dan bicara pada orang tertentu untuk mengingat komentarnya setelah itu kamu harus bicara pada orang di area yang sama yang mau menanggapi komentar yang kamu ingat lalu kamu akan diberi Chop. Tiap-tiap komentar hanya akan ditanggapi oleh satu orang saja, orang yang lain tidak akan tertarik. Dapatkan 9 Chop untuk diberikan pada Cab Driver, tapi kalu kamu berhasil mendapatkan keseluruhan yang berjumlah 28 Chop kamu akan bisa menukarkannya dengan Sandalwood yang bisa kamu perlihatkan pada Cab Driver tiap kali kamu berada di Archadia.
Dengan 9 Chop, kamu bisa diantarkan ke Tsenoble. Jalan ke Urata untuk melihat cuplikan pendek dan kembali ke Cab Driver. Balthier akan bicara pada Jules, lalu pilih option yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya saat bicara pada Cab Driver.

Draklor Laboratory
Saat kamu masuk, jalan ke arah utara dan pilihlah untuk pergi ke 67 daripada 68. Pergi ke TimurLaut untuk memasuki sebuah ruangan (Imperial ada di luar ruangan itu) dan kamu kanmelihat cuplikan di ruangan Cid dan kamu akan mendapatkan Lab Access Card beserta Peta Draklor Labolatories.
Sekarang, Masuk ke kepintu pertama didekatmu untuk save dan pintu kedua untuk panel yang harus kamu sentuh (yang akan membuat ruangan ini jadi merah). Pergilah ke Elevator (kamu akan berhadapan dengan beberapa Imperial Hoplites juga yang lain) lalu pilih untuk pergi ke 68F.
Setelah samapai di lantai 68 pergi ke Barat (timur kalo dilihat dari peta) samapai kamu menemukan ruangan 6803. Masuk dan tekan tombolnya ruangan akan menjadi biru. Keluar dan pergi ke utara lalu ke Barat lalu ke Selatan dan masuk ke ruang 6804 untuk menekan panel lagi. Sekarang kamu harus sedikit ke arah selatan, sedikit ke Barat, sedikit ke selatan lagi, lalu barat dan selatan (tujuan utamanya adalah ruangan 6811 yang terletak di BaratDaya). Tekan Panel untuk ketiga kalinya lalu kembali ke elevator dan pilih 70F.
Kamu akan melihat cuplikan saat kamu tiba, setelah itu save sebelum kamu menaiki tangga. Kamu juga bisa menggunakan Shell/Protect/Haste karena lawan yang tangguh sudah menunggumu. Dia adalah Cid, dan seperti Bergan dia jugamenggunakan Nethicite. Dia akan dilindungi 4 batu yang harus kamu hancurkan terlebih dahulu, tidak bisa tidak. Berserk tidak berguna sebelum kamu menghancurkan semua batu yang melindunginya. Masing-masing batu memiliki HP sekitar 10.000 tapi kamu bisa mengalahkan mereka dengan mudah. Setelah semua batu pelindung hancur Cid akan menggunakan jurus baru yang menguras sekitar 600-700 HP semua karakter. Setelah kalah Cid akan melarikan diri dan menatakan kalau dia akan menuju Giruvigan. Akan muncul beberapa cuplikan lagi dan kamu akan berada di Port of Balfonheim. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyelesaikan beberapa Hunts.

Misi Hunts
Saya belum melawan Bomb King untuk menyelesaikan misi Hunts Braegh, jadi saya pikir sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Bomb King berada di tengah (area sebelah Barat Laut) di Salikawood, tepat setelah Save Crystal. Gunakan Protect/Haste dan lawan Bomb King. Dia akan memanggil Little Bomb untuk membantunya mengalahkanmu, dia juga akan memberimu status oil diikuti dengan Fire. Dia juga bisa menggunakan Renew untuk memulihkan HPnya. Ini akan membuatmu kesal dan akan terjadi saat HP nya tinggal 30%. Quickkening Combo adalah cara yang jitu untuk mengalahkannya gunakanlah saat HPnya tinggal separuh. Setelah itu kamu bisa melanjutkan ke area berikutnya ke arah Barat Laut.
Kalau kamu meneruskan perjalananmu ke arah BaratLaut dari Salikawood, pilihlah jalan yang menuju ke area berikutnya di Barat bukan ke BaratLaut. Setelah pindah layar kamu akan berjumpa dengan monster Unicorn, dia adalah Braegh. Gunakan Protect/Haste/Shell, dia tidak akan terlalu sulit untuk dihadapi (bagi karakter yang ber Lv.36). Sebaiknya kamu tidak menggunakan Yoichi Bow karena itu akan membantunya. Kembalilah ke Mosphoran Wasteland dan terima 1700 gil, 1 Hi Ether, dan 1 Obelisk sebagai imbalanmu.
Mind Flayer adalah misi yang sudah lama saya tunda (kamu harus menemui orang yang memberikan misi di Jahara) karena Saya sebelumnya dia terlalu kuat untuk dihadapi tapi sekarang dapat. Dia memberikan Soul Etude yang dapat memulihkan HP nya dan itu bisa sangat mengganggu tapi dengan senjata yang lebih kuat saat ini dia menjadi lebih mudah untuk dihadapi. Dia juga akan menggunakan Hero’s Status yang akan memberikannya status banyak status yang positif seperti Faith, Haste dan lainnya, jadi kamu harus Dispel dia setelah dia menggunakan jurus itu. Serangannya tidak terlalu berarti dan dia juga akan menggunakan Invert yang sangat membantumu (jurus ini akan menukar HP menjadi MP tapi kamu bisa langsung menggunakan Cura/Curaga untuk memperbaikinya). Dia juga mengeluarkan jurus Blizzara dan Thundara yang tidak terlalu menyulitkanmu. Setelah menang bicara pada Warrior Gurumu di Jahara untuk mengambil 220 gil dan Carmagnole. Setelah itu bicara pada Geomancer Yugelu untuk mengetahui tentang area di Henne Mines yang belum pernah kamu lalui sebelumnya, tapi dia tidak mau bercerita lebih jauh lagi untuk saat ini.
Bloodwing adalah misi hunts yang selanjutnya, tapi untuk memulainya kamu harus melanjutkan cerita dengan istri Dantro tentang Dantro Barheim Passage yang pernah kamu tinggalkan untuk sementara. Bicara pada bocah yang berdiri dekat perahu lalu setuju untuk ikut menyeberang dan selidiki apa yang terjadi. Para Caktus telah mengambil alih desa lalu bicara pada ayah si bocah tadi lalu kembali ke desa sebelumnya, bicara dengan istri Dantro lalu periksa si belakang rumahnya untuk mencari Cactoid Bud yang akan menjadi Baby Cactoid. Dia akan mengikutimu jadi bawa dia menyebrang sungai dan Para Kaktus akan pergi dari desa. Kaktus yang kecil tadi akan memberimu 100 gil dan Wyrmfire Shot. Bicaralah pada Istri Dantro di seberang dan dia akan memintamu mencarikannya Veleblossom Dew (dulu belum bisa kamu dapatkan karena kamu tidak bisa menyeberang).Veleblossom Dew adalah tumbuhan yang berwarna pink jadi kamu mencari 2 buah tanaman pink agar bisa mengambil 2 Veleblossom Dew (bsa kamu temukan di sebelah utara Broken Sands). Setelah memberikannya pada istri Dantro sekakarang kamu hanya tinggal menunggu pasien yang sedang dirawat itu sembuh, kamu bisa jalan-jalan sekitar 10 menit untuk melawan monster lalu kembali lagi untuk bicara ke istrinya Dantro dan temui si pasien yang berada di belakang rumah. Dia akan memberimu Barheim Key dan Balance Mote. Kamu juga bisa membantu Sassan (Monster Cockatrice) untuk menyebrangi sungai dengan cara memindahkan Anjing dan anak kecil terlebih dahulu (harus berurutan). Dan kamu akan dikasih Koga Blade. Sebelum kamu pergi bicaralah pada No.381 dan dia akan menceritakan tentang temannya yang diserang di Barheim Passage/West Annex (kamu harus mengambil misi Hunts Bloodwing terlebih dahulu di Sandsea).

Barheim Passage
Kamu sekarang sudah bisa memasuki Barheim Passage dari Eastersand, jika kamu jalan ke tenggara dari Murmuring Defile Section. Dimana kamu menemukan pintu yang tidak bisa terbuka sebelumnya. Gunakan kunci yang baru kamu terima lalu masuk dan jalan ke arah utara beberapa layar untuk menemukan save point.
Sekarang jalanlah sedikit ke selatan lalu ke Barat. Disini pilih jalan yang paling utara yang berlanjut ke arah Barat dan ambil jalur yang menuju BaratLaut lagi. Kamu sekarang akan berada di Zeviah Span dimana kamu harus mengusahakan terus ke selatan sampai jalan buntu di ujung jalannya lalu periksa sekitar situ untuk mendorong gerobak kereta agar bisa meneruskan perjalananmu ke salatan. Kamu akan segera sampai di West Annex. Di jalan yang sempit nanti kamu akan melawan bloodwing. Jika kamu belum PD melawannya kamu bisa terus ke area selanjutnya untuk save dan istirahat, lalu gunakan Semua status proteksi yang kamu perlukan lalu kembali untuk melawannya. Bloodwing sebenarnya tidak sulit untuk dihadapi, dia Cuma mengeluarkan Eerie Soundwave dan Leech untuk menyerap HP mu. Dia sering sekali menghindari seranganmu, dan juga memiliki HP yang banyak. Serang dia dengan Yoichi Bow dengan amonisi yang bagus. Setelah menang kamu bisa kembali pada No.381 di desa Eastersand untuk menerima 2400 gil, Stun Bombs dan Vampyr Fang.
Teruskan perjalananmu lebih jauh dari tempat terakhir terakhir kali kamu melawan Bloodwing, lalu ke area yang ada save nya. Dan gunakan status proteksimu karena Zelera akan melawanmu. Dia akan membangkitkan pasukan skeleton secara terus-menerus yang harus kamu kalahkan terlebih dahulu sebelum kamu bisa melukainya, dan angat dianjurkan kamu menggunakn beberapa karakter yang menggunakan Berserk agar lebih cepat mengalahkan pasukannya. Zelera sendiri tidak memberikan serangan fisik yang terlalu berarti dan HP nya akan sangat cepat berkurang saat dia mudah untuk dilukai. Tapi saat dia tidak bisa diserang dengan Fisik dia sering menggunakan Instant Kill dan kamu harus segera menggunakan Raise. Dia juga bisa memberimu serangan ber status seperti sleep dan disable yang akan memperburuk keadaan. Kamu akan diberi batas waktu 5 menit untuk menghadapinya, tapi itu tidak akan menjadi beban buatmu. Kamu bisa menggunakan combo Quickkening disaat-saat akhir sebelum waktu habis (Sebagai referensi saya menghadapinya dengan mudah pada Lv. 39).
Teruslah ke Barat dan kamu akan tembus di Garamsythe Waterway. Hampiri save cystal di situ dan ambil Garamsythe Candle, yang akan menunjukkan area yang sebalumny tersembunyi. Sekarang saya memutuskan untuk melawan Orthros, hunts yang bisa kamu ambil di Montblanc. Bicara pada contrite thief di LowTown untuk memulai lalu pergi ke area sesudah kamu melawanWhite Mousse di Garamsythe Waterway, tapi sebelum kamu ke tengah area gunakan semua karakter cewek agar dia mau melawanmu (kamu bisa mengganti karaktermu sasudah dia muncul dan gunakan status proteksi). Dia tidak begitu tangguh dalam serangan fisik tapi kamu perlu waspada pada serangan statusnya seperti sap, hanya itu. Kamu akan mendapat A pack of stolen Articles yang harusa kamu kembalikan pada Contrite Thief lalu dia akan memberimu 3800 gil, Horakhthty’s Flame dan Unpurified Ether. Kamu juga kan diberi Blackened Fragment nantinya.
Misi berikutnya adalah Roblon jadi saya menemui Morgen untuk memulainya. Dia berada di Overlooking Eternity, area yang tersembunyi di Nabreus Deadlands (bagian Barat Laut). Untuk mencapai daerah itu pergilah dahulu ke save area yang berada di tengah, lalu ambil jalur selatan. Pergi ke arah Barat Laut di sini dan kamu akn menemukan jalan yang tidak diperlihatkan di peta dan akan berada di Overlooking Eternity. Bagian tersulit dari misi ini adalah ada banyak sekali Dead Bones yang akan muncul menyerangmu jadi usahakan kamu jangan terlalu cepat berjalan sehingga mereka tidak mengeroyokmu. Sepertinya jumlah mereka tidak terbatas tapi kenyataannya tidak begitu. Cara menghadapi mereka adalah kamu harus memancing Dead Bones yang berada di dekat Roblon untuk meluar dan mengejarmu (sebaiknya kamu tidak memakai Berserk karena karaktermu akan langsung menyerang Roblon). Kalau kamu bisa memancing semua Dead Bones atau paling tidak sebagian besar pertarunganmu melawan Roblon akan menjadi lebih mudah. Sebenarnya Roblon tidak mempunyai jurus spesial, dia hanya menggunakan black magic Lv.2 (yang berakhiran –ara). Hp nya sangat banyak dan pertahanannya akan menjadi 2x lipat saat dia mendekati ajal. Tetap gunakan Shell dan Haste untuk menggunggulinya, lalu balik ke Morgen untuk 3100 gil, Giant’s Helmet, dan Mythril.
Kebetulan saya sampai di Giza (musim hujan) dan saya memburu Gil Snapper yang sempat tertunda. Bicara ke Nanau untuk mendapatkan Silent Urn di Save point bagian selatan. Sebelum kamu bisa memasuki area Tracks of the Beast kamu harus berkeliling untuk menebang beberapa pohon yang nantinya akan menjadi jalan yang mengantarkanmu ke tempat dimana Gil Snapper berada. Semuanya ada 6 buah, yang tersebar dibeberapa area termasuk area dimana Nanau berada. Area yang lain adalah Starfall Field, Toam Hills, Nomad Village, Throne Room, danGiza’s North Bank. Setelah kamu menebang semuanya, jalan menuju area baru akan terbuka di susut sebelah tenggara. Mondar-mandirlah ke area ini samapai Bansat memberitahumu kalau Gil Snapper ada disitu. Pakai Bravery/Protect/Haste/Berserk. Kamu bisa mengalahkannya dengan mudah sekarang karena Lv.mu sudah jauh diatasnya. Dia bisa sedikit menyebalkan terutama saat dia akan mampus. Pastikan kamu men-Dispel dia dan menyerangnya dengan strategi memancingnya menuju karakter yang menggunakan panah sehingga karakter yang menggunakan senjata jarak dekat bisa menyerangnya dengan leluasa. Saat dia kalah, sia akan masuk ke dalam Silent Urn dan kakalu kamu mau bicara ke Nanau sekarang dia tidak akan ada disana hanya ada sebuah catatan yang menyeruhmu untuk kembali menemuinya saat musim kering, lakukan perintahnya dan kamu akan diberi 3000 gil, dan Phobos Glaze.
Sekarang saat menghadapi Adrammelech the Wroth bagi saya. Dia masih sedikit sulit ditakhlukkan saat saya berada di Lv.40. Ingat, karena dia beradad di Zertinan Caverns jadi kamu harus ke sana untuk lebih tepatnya dia berada di Athroza Quicksands. Adrammelech adalah monster yang bisa terbang dan akan menyerap serangan Lightning jadi pastikan kamu tidak menggunakan Lightning Arrow. HP nya tidak begitu banyak dan pasukannya tidak begitu menyusahkanmu, tapi Sleep/Stop bisa mengganggu. Kalahkan dia dan kamu akan bisa memakainya mulai sekarang.
Hunts selanjutnya adalah Antlion di Bhujerba. Bicara pada si pemasang info untuk memulai misi ini lalu pergilah ke Lhusu Mines.Kamu akan melihat seorang anak kecil yang berlari saat masuk, tapi pergilah ke area dimana kamu pernah melawan Rocktoise dan gunakan Site 3 Key untuk masuk ke area baru dan monter yang lebih tangguh. Teruslah berjalan sampai nanti kamu menemukan save point yang sebaiknya kamu gunakan. Beberapa layar berikutnya kamu akan melihat Titik merah besar yang menandakan Antlion yang sedang dikelilingi banyak Mantis (sekitar 5 atau 6). Mantis inilah yang akan membuat pertarukan menjadi sulit. Kamu tidak bisa memancing Mantis seperti saat melawan Roblon karena Antlion juga akan ikut menyerangmu. Menakutkan memang saat mereka menyerangmu, kamu bisa menggunakan Warp untuk memindahkan Mantis tapi saya hanya menggunakan Protect dan menyerang dengan satu karakter saja dan yang lainnya selalu menggunakan Cura. Kemungkinan besar Antlion akan memakan beberapa Mantis, ini akan memperburuk keadaan karena akan meningkatkan semua kemampuannya. Tapi, saat dia melakukannya keadaan akan sedikit lebih mudah, setelah menang akan ada cuplikan pendek lalu kembali untuk mendapatkan 4300 gil, Bubble Belt dan Sickle-Blade.
Sekarang pergilah ke Mt.Bur Omisace untuk mendapatkan Stone of Condemner (Bicara pada Acolyte di area paling ujung) lalu bicara pada Gurdy (pemilik rental Chocobo) untuk memulai hunts Trickster di area Frozen Brook dari Paramina Rift. Kamu akan sampai di Frozen Brook saat Monid bicara padamu, monda-mandirlah ke area ini sampai Monid memberitahumu kalau Trickster ada di sekitar situ, dia akan muncul (Chocobo putih besar). Dia agak susah dihadapi,bahkan pada saat ini. Pada awalnya akan mudah untuk mengurangi sebagian besar HP nya, tapi dia akan mengeluarkan jurus agar dia kebal dari serangan fisik. Kalau kamu punya beberapa karakter yang menggunakan Berserk kamu harus menunggu dulu sampai Berserknya menghilang baru kamu bisa mengendalikan karaktermu lagi secara efisien. Dia juga bisa mengganti Element-nya jadi sebaiknya kamu menggunakan Bio atau Drain atau magik lain yang tidak ber-elemen, kemungkinan Bio adalah yang terbaik yang kamu miliki sekarang. Dia akan menggunakan Chocobo Comet dan bisa menyerang serangan fisik secara beruntun ketika sekarat, jadi mengalahkannya dengan cepat adalah tindakan yang baik (gunakan combo Quickkening). Balik lagi ke Gurdy dan menerima 4800 gil, Deimos Clay.
Karena sekarang kamu sudah bisa ke Archadia ada beberapa Hunts baru yang bisa kamu ambil di Sand Sea. Ambil misi Lyndwyrm, Darksteel dan Vyraal. Bicara pada Homesick Man di toko senjata Archadia untuk memulai misi lalu pergi ke Old Archades dan bicara pada orang yang sedang duduk (Fermon) untuk memulai Lindwyrm. Pergi ke save point di Sochen cave Palace lalu gunakan lift untuk turun. Pergilah beberapa layar ke Selatan ke area yang bernama Temptation Eluded dan kamu akan bertemu dengan Darksteel. Gunakan semua status proteksi dan Dispel dia serang seperti biasa saja karena dia tidak akan terlalu sulit untukmu. Kembali ke Homesick Man dan ambil 300 gil, Lead Bolts dan Admantite sebagai imbalan.
Vyraal adalah misi berikutnya. Dia beradad di Cerobi Steppe tapi sebelumnya kamu harus berbicara pada Viera Wayfarer untuk memulai misi ini. Vyraal berada di area bagian tengah dari The Northsward. Kamu akan dibantu oleh Viera Wayfarer tadi tapi dia tidak berbuat banyak kecuali memberimu Cure dan memberi status positif. Vyraal punya serangan fisik yang sangat kuat dan akan kebal terhadap magic saat mendekati ajal (juga menggunakan Haste/Protect). Jadi Dispel dia lalu gunakan semua status proteksimu. Kamu akan mendapat Viera Rucksack setelah pertarungan dan Viera akan meninggalkanmu. Kembali ke Balfonheim Port untuk mendapat 3500 gil, Halberd dan Crystal Shield. Kamu juga akan diberi Dragon Scale.






0 komentar:

Posting Komentar