Blogroll

Pages

Jumat, 17 Mei 2013

Walkhthrough Final Fantasy PS2 Part 3&4 | AC Gamers




Final Fantasy 12 (Bagian 3 & 4)
The Skycity of Bhujerba
Bicara pada semua orang lalu keluar. Lamont akan bergabung dengamu sebagai Guest (karena dia mau pergi ke tambang yang sama denganmu). Kamu bisa membeli beberapa senjata dan armor baru disini lalu masuk ke dalam tambang. Hampir semua jalan dihalangi oleh pagar.
Lhusu Mines
Pergilah ke jalan yang menuju ke Selatan. Lalu, ke utara sedikit, barat sedikit, lalu ke BaratDaya untuk ke area selanjutnya. Kamu akan berada di exterior area, dan disini akan menjadi sedikit lebih sulit. Jalan di tengah dipenuhi oleh banyak monster tapi jalan di samping monsternya lebih sedikit. Tapi kamu pasti ingin meningkatkan Lv. Karaktermu jadi jalan saja di tengah. Ingatlah karena disini akan ada banyak perangkap di bagian tengah jalan yang akan kamu lewati, jadi hati-hati kalau perlu jalanlah di pinggir agar tidak terkena perangkap.
Di ruangan beriktunya kamu bisa mengambil jalan sebelah kanan yang berlanjut ke utara dan tidak lama kemudian Lamont akan menemukan Nethicite yang akan kamu lihat cuplikannya. Ternyata kamu diikuti oleh para Bangaa. Kamu boleh melawannya kalau kamu mau tapi mereka bisa dengan cepat mengalahkan beberapa karakter jadi saya terus menekan tombol R2 dan berlari ke Bhujerba.

The Skycity of Bhujerba
Kembali ke kota, akan ada cuplikan dan setelah itu kamu harus menaikkan rating menjadi 100% untuk memperkenalkan identitas Basch pada warga kota. Bicara pada warga yang berdiri berdekatan dan juga pada Guide, mereka adalah yang akan membuat rating naik dengan cepat. Setelah mencapai 100%, kamu akan digiring oleh sekelompok orang akan akan membawamu kehadapan Omdore. Tapi sebelum itu, kamu akan mengendalikan lagi karaktermu dan dapat melakukan beberapa hal.
Pergi ke papan pengumuman dan ambil Misi Hunts Nidhogg. Bicara pada Aekom di TimurLaut untuk memulai misi ini. Sekarang Nidhogg sangat tangguh, saya melawannya di Lv.13. Dia ada di area ke-3 dari Lhusu Mines, jadi sebaiknya kamu membersihkan area ini dari monster lain sebelum kamu melawannya. Set Gambit party mu agar menggunakan Magic Fire padanya, karena itu adalah kelemahannya. Saya mendapat masalah saat saya kehabisan MP terlalu cepat, tepat saat HP nya sudah kritis. Dia menyerang dengan cepat dan bisa melakukan kombo beberapa kali belum lagi saat dia menggunakan Tail Slash yang bisa membunuh karaktermu dengan cepat. Karena itu akan lebih baik kalau kamu menyimpan sedikit MP untuk nanti (atau kamu bisa menyimpan MP salah satu karakter untuk nanti) untuk serangan penutup. Saat dia kalah, kamu akan diberi 600 gil, The Rose Corsage, dan Balaclava. Terakhir, dia akan memberimu Great Serpentskin..
Sekarang saatnya untuk pergi ke Rumah Marquis di utara. Lihatlah tanda merah besar di peta. Setelah sampai kesana, kamu akan dipersilahkan masuk dan melihat beberapa cuplikan. Si Judge akan meminta batu yang dicuri oleh Vaan dan dia akan mendapatkannya. Party mu akan dikurung tapi akan bebas karena seorang Imperial akan lengah saat menjaga. Vossler kemudian akan bergabung denganmu lalu save.

Dreadnought Leviathan
Vossler adalah karakter ber Lv. Tinggi, dan akan sangat membantu. Setelah ruangan yang ada save-nya kamu akan berada di ruangan yang lebih besar. Kamu akan diajari tentang laser yang menjaga beberapa jalan. Kamu tidak akan Game Over kalau kamu menyentuhnya hanya saja kamu akan memancing beberapa musuh untuk datang kearahmu untuk sementara. Jalanlah ke selatan, untuk mendapatkan gil dan ke timur untuk mendapatkan Gambit Ally : Status = HP critical. Sekarang pergi ke selatan dan kamu akan berada di area paling selatan dengan pilihan untuk pergi ke area di Timur Laut dari area ini, atau pergi ke Timur. Pilih jalan yang mempunyai dua jalur yang berdekatan (yang di timur dan akan mengarah ke Utara).
Kamu akan menemui Gil dan Blue Fangs sekitar sini. Jalanlah terus sampai ke atas, di mana kamu harus mengaktifkan panel lalu jalan lagi. Di ruangan ini, pergi ke Barat dan kamu akan terus ke Barat lebih jauh dari yang diperlihatkan di peta. Kamu akan mendapatkan Assassin’s Dagger disana, senjata yang bagus untuk saat ini. Tekan panel dan jalan terus untuk sampai ke ruangan di paling timur.
Istirahat dulu lalu lanjutkan melalui sebuah pintu dan terus ke tengah. Disini akan terjadi pertarungan melawan 2 Judge, 3 Imperial Swordsman dan satu Imperial Mgus. Kalahkan Magus terlebih dahulu kemudian kalahkan para Swordsmen. Judge memiliki tingkat HP yang terbanyak jadi usahakan untuk melawan mereka belakangan. Kalau tinggal 2 Judge yang tersisa, kamu tidak akan kesulitan untuk mengalahkan mereka. Mereka hanya menggunakan serangan fisik jadi gunakan Heal dan kamu akan baik – baik saja. Mereka bisa melakukan Tri-Attack yang akan digunakan disaat terakhir, dan seperti kebanyakan boss yang kamu lawan mereka akan semakin tangguh saat akan mati. Sebuah No.1 Key akan menjadi milikmu, gunakan itu untuk melanjutkan perjalananmu.
Kamu akan meliha 4 kurungan. Satu yang di sebelah kananmu ada System Access Key dan Save Crystal di dalamnya. Di depannya ada toko yang dikelola oleh Moogle, kamu bisa membeli sesuatu item yang mungkin kamu butuhkan disini. Kemudian kurungan disebelahnya kosong dan didepannya kamu akan menemui Ashe. Sekarang kamu sudah mempunyai 5 karakter dalam partymu.
Alarm akan berbunyi saat kamu meninggalkan area ini. Kamu bisa terus lari dan tidak bertarung melawan Imperial yang tidak terbatas jumlahnya. Atau kamu bisa melawan mereka untuk meningkatkan Lv. Karakrtermu. Pada akhirnya nanti, Lamont dan Vossler akan pergi meninggalkanmu tapi sebelumnya Lamont akan memberimu a piece of Manufactured Nethicite. Tetus ke beberapa area di kiri dan kamu akan bertarung melawan Judge Ghis di anjungan, bersama dengan 3 Imperial Swordsmen. Ghis bergerak lambat menghampirimu jadi gunakan kesempatan ini untuk mengalahkan ketiga Swordsmen sebelum Ghis sampai ke tempatmu. Ghis mempunyai serangan fisik yang kuat dan akan mengejar Ashe kalau kamu memakainya. Dia tidak terlalu tangguh bagimu, serangan Aero-nya hanya akan menguras sekitar 150 HP. Kamu bisa menggunakan Heal untuk menyembuhkannya.
Setelah menang kamu akan berhasil kabur dan kamu sudah tiba di Bhujerba.

The Skycity of Bhujerba
Saat di kota pergilah ke rumah Marquis. Dia sudah menyiapkan sebuah rencana. Setelah itu Party mu akan melarikan diri dan memutuskan untuk mengikuti Putri Ashe. Dan kamu akan tiba di Dalmasca Westersand, dimana kamu harus berjalan menuju Rebanastre.

Rabanastre
Pertama-tama, ada barang – barang baru di toko. Periksa semuanya dan beli kalau kamu mau. Berserk adalah Magic yang wajib kamu beli, begitu juga Round Shield dan Ancient Sword.
Saat ini saya pergi melanjutkan Misi Cluckatrice. Dulu dia sangat sulit dikalahkan tapi sekarang dia tidak lagi setelah saya mencapai Lv.13 dan mengalahkannya, hanya dengan serangan fisik. Saya hanya melawan induk mereka saja karena anak – anaknya tidak dapat menguras sedikitpun HP milik Vaan. Hati – hati terhadap serangan berstatus, itu akan membuat kesempatanmu untuk menang semakin tipis kalau kamu tidak memiliki item yang tepat untuk menyembuhkannya. Setelah menang, kamu akan mendapat 1000 gil, Raibow Egg, dan Jackboots sebagai imbalan.
Sekarang kalau kamu belum mengambil misi Hunts Rocktoise maka sekarang lah saat yang tepat untuk mencobanya (bicaralah pada Montblanc untuk mengambil misi). Ingat kamu bisa ke Bhujerba dengan cara menggunakan Teleport Stone atau menggunakan pesawat terbang dari Aerodrome yang akan memakan biaya 200 gil. Rocktoise akan mengalahkanmu denga cepat kalau kamu hanya menyerangnya dengan membabi buta. Saya belum bisa mengalahkannya, saya yakin kalau menggunakan Quickkening akan dapat mengalahkannya. Jadi untuk sekarang saya akan menundanya dan akan mengambil misi Hunts Wyvern, lalu berjalan menuju ke Westersand.

Dalmasca Westersand
Kalau kamu belum menjelajahi wilayah ini saat kamu kembali dari Bhujerba waktu itu, maka lakukanlah sekarang. Kamu akan menemukan jalan menuju ke Giza Plains, dan juga menuju Zertinan Caverns. Utara adalah area yang tidak bisa kamu lalui saat ini, jadi jalanlah terus ke Barat. Setelah melewati area perkemahan kecil kamu akan berada di Ogir-Yensa Sandsea.

Ogir - Yensa Sandsea
Kamu akan melihat cuplikan tentang pasir saat kamu berjalan disini. Jalan naik ke atas bangunan tua dan ikuti jalur yang menuju ke BaratDaya. Area yang tidak begitu sulit untuk dimengerti. Terus jalan dan kamu akan bertemu dengan Vossler yang akan bergabung dengan party-mu. Saya suka memberikan status Berserk padanya dan melihatnya menyerang Urutan-Yensa yang berjumlah ratusan.
Ambil jalur kiri untuk mendapatkan peta daerah sini. Dari peta kamu akan melihat bahwa tempat ini sangat luas sekali. Pertama-tama ambil jalur Selatan untuk mengambil beberapa treasure (kebanyakan Gil dan Potions tapi disana juga ada Gambit Ally Status = Confuse). Lalu jalanlah terus menuju BaraDaya yang akan membawamu ke daerah yang ada Save Crystalnya dan juga seorang pedagang. Dia punya beberapa barang yang patut untuk beli, Raise dan Cura (memang mahal tapi kamu akan sangat membutuhkannya nanti). Lalu jalan lagi ke daerah yang ada di Barat maka kamu akan menemukan jalan masuk Menuju Nam-Yensa Sandsea.
Kembalilah dan pergi ke Utara, lalu periksa bagian tengah kalau kamu mau. Salah satu lingkaran bagian selatan di daerah sini memiliki Gambit Ally : MP <>
Kamu akan menyadari bahwa disekitar sini musuhmu hanyalah Urutan-Yensa. Gunakan kesempatan ini, kerena kalau kamu berhasil mendapatkan 50 Chain (atau dengan kata lain membunuh 50 Urutan-Yensa tanpa membunuh monster jenis lain dan juga menggunakan save) maka kamu akan mendapatkan gambar Montblanc yang bisa kamu lihat di Sky Pirate’s Den.
Jadi cari jalan yang menuju ke Utara lalu ke Selatan lagi, di tengah-tengah nanti kamu akan melihat jalan keluar yang lain. Ini, seperti yang ada di TimurLaut, akan menuju ke Zertinan Cavers. Bukan jalan yang seharusnya kamu lalui, jadi sebaiknya kembali dan pergi ke Barat. Kamu akan sampai di Nam-Yensa Sandsea. Tapi sebelum ini, kamu akan berbicara dengan Moogle terlebih dahulu, dan mendengarkan ceritanya.

Nam-Yensa Sandsea
Save saat kamu tiba disini lalu ke Barat. Catatan: Saya mengambil jalur atas yang menuju ke Nam-Yensa bukan dari jalur yang ada pedagangnya di Selatan. Save dan lanjutkan ke Barat lalu ke Selatan.
Tidak lama kemudian kamu akan bertemu Urutan Eater. Dia adalah monster raksasa yang suka memakan Urutan-Yensa. Kamu boleh mencoba untuk membunuhnya kalau kamu mau, dia punya pertahanan yang kuat dan HP yang banyak. Untungnya karaktermu akan melakukan serangan kombo dan Vossler akan membunuh monster ini. Kamu akan melihat pesan yang mengatakan kalau kamu membunuhnya, kalau kamu memang melakukannya. Balik ke Moogle dan bicara padanya. Lalu balik lagi ke Ogir-Yensa dan naik ke atas bangunan lalu kamu akan melihat sebuah cuplikan pendek. Kembali lagi ke area yang ada Moogle-nya untuk melihat cuplikan lagi. Sekarang kamu bisa mengambil Eksir-Berries. Setelah itu, Saya kembali menuju timur (Rebanastre via Teleport) untuk membeli barang-barang baru (senjata dan armor).
Kelbali lagi ke Ogir-Yensa Teleport, lalu menuju ke Barat dan lalui jalur yang terdapat jembatan kecil yang mengarah ke BaratDaya. Karena disini ada Treasure dan peta daerah sini. Areapadang pasir yang luas (tapi lebih kecil dari area sebelumnya). Ambil jalan menuju Selatan disini dan kamu akan melawan beberapa Bagoly’s. Kalau kamu melalui jalur ini kemungkinan kamu akan mendapatkan Gambit Foe : HP>1000. Moster baru (Axebeaks) juga ada di area sini. Ambil jalur keluar menuju Zertina Caverns. Belum saatnya bagimu berada disini jadi balik dan jalanlah menuju ke arah Barat.
Kamu akan sampai di area yang luas. Di sekitar BaratLaut area ini kamu bisa menemukan Gambit Foe > 500. Di bagian Utara tidak ada apa – apa jadi, jalan terus menuju ke Barat. Jalan yang berbentuk jembatan akan mengantarkanmu menuju Utara dimana di area selanjutnya akan ada perangkap saat kamu mulai berjalan, dan tidak akan ada apa – apa sekarang disini. Jadi mungkin tidak sepadan kalau kamu kesini hanya untuk melawan Yensa.
Pergilah ke Barat, dan kemudian ambil jalur menuju TimurLaut yang akan menuju ke jalan buntu (jalur menuju ke Barat akan menuju ke daerah selanjutnya). Akan ada beberpa perangkap saat kamu mulai berjalan di area ini, semoga saja kamu sudah membeli Raise. Kalau kamu berjalan ke Timur di area ini (lalu naik ke atas) kamu akan menemukan 2 Treasure (dan tidak ada musuh disekitar sini). Treasure itu hanya berisi Antidote dan Gil.
Kalau kamu mengambil jalur menuju ke Barat yang membawamu ke Utara, kamu akan bertemu tresure dan Wyvern Lord di area ini. Tidak perlu basa-basi, dia bukan Hunts yang mudah ditakhlukkan. Dia bisa terbang yang akan membuatmu sulit menyerangnya dengan senjata jarak pendek. Saya tidak bisa mengalahkannya jadi saya lenjut ke Barat. Kamu akan bertemu dengan pedagang lagi disini, yang punya beberapa saran untukmu.

The Tomb of Raithwall
The Tomb of Raithwall adalah area yang kamu masuki saat kamu menuju ke Barat. Garuda akan menyambutmu saat kamu masuk, dan kalau kamu melakukan Sidequest yang diminta oleh Moogle dan juga si pedagang maka kamu akan tahu kalau Eksir Berries bisa membantu menghadapinya. Gunakan itu padanya, dia akan menjadi lebih lunak dan jinak dan pertarungan akan menjadi lebih mudah bagimu. Magic Dark dan senjata panah adalah kekuatanmu untuk menglahkannya.
Didalam nanti kamu akan melihat Save Crystal, dimana kamu sebaiknya Save dulu. Gunalkan Teleport dan jalan lagi sampai Demon Wall akan meblokir jalanmu. Lari darinya dan di ruang berikutnya kamu akan melawan Demon Wall yang lain. Kejar dia dan mulailah mengurah HP-nya. Gunakan Berserk pada 3 karakter dan menggunakan satu karakter untuk mengguakan Magic Penyembuhan atau Status (seperti Blind, Sleep) Dia akan segera kalah dan kamu akan memiliki waktu yang lebih banyak ketimbang melawan yang pertama (sebaiknya kamu tidak menekan panel yang ada disisi jalan karena kadang – kadang akan menyulitkanmu). Setelah kalah kamu bisa balik ke area sebelumnya untuk save, yang kemungkinan kamu akan melawan Demon Wall yang pertama lagi. Kemungkinan kamu belum bisa mengalahkannya tapi akan menguntungkan bagimu kalau kamu melakukannya nanti.
Teruslah berjalan, dan kemudian saya melilih jalan yang menuju ke kiri. Ini akan membawamu ke area berikut di bawah, dimana kamu harus mencari jalan menuju ke tengah untuk menekan tombol yang menyala. Tekanlah tombol itu, lalu gunakan teleport ditengah untuk kembali ke area yang ada di tengah (saat kamu memutuskan mengambil jalur ke kiri). Sekarang, pergi ke kanan. Kamu akan berada di area selanjutnya di atas dimana kamu harus menekan lagi tombol yang ada ditengah area ini untuk membuka jalan yang tidak terlihat di peta.
Lanjut lebih ke bawah, ambil semua treasure yang ada di sana. Dibagian tengah akan membawamu lebih ke bawah lagi, ke Boss yang bernama Belias. Dia berhasil mengalahkanku pertama kali saya melawannya. Dia memiliki jurus yang berstatus Oil yang akan menguras sekitar 400HP dan akan membuat karaktermu berstatus Oil. Saat kedua saya melawannya, Saya menggunakan Shell dan Protect sebelum melawannya dan juga Berserk pada beberapa karakter dan sesekali menggunakan Magic Water. Dengan Shell dan juga Protect (juga Handkerchief untuk menyembuhkan status Oil) kamu bisa mengalahkan Belias walaupun saat dia akan kalah dia menggunakan Barrier.
Jalanlah melewati pintu dan kamu akan mendapatkan Dawn Shard setelah beberpa cuplikan.Gunakan Teleport disini untuk keluar. Sekarang, kamu akan melihat beberapa cuplikan lagi.
Kemudian, Vossler dan 3 Imperial Soldier berniat untuk menghentikanmu. Fran akan menggunakan Berserk secara otomatis dan itu akan sangat membantu. Cobalah untuk mengalahkan semua Soldier secepatnya, dan setelah itu kamu bisa memfokuskan seranganmu pada Vossler. Menggunakan Berserk pada karakter lain juga sebuah ide bagus, jangan lupa gunakan Protect pada mereka. Vossler akan menjadi lebih kuat dan menyerangmu lebih cepat saat dia akan kalah.
Cuplikan lagi dan kemudian kamu sudah berada di Rebanastre.

Rabanastre
Kamu sekarang mempunyai waktu luang. Setelah membeli peralatan dan juga Magic, saya menyarankan untuk pergi menyelesaikan beberapa misi Hunts. Kembalilah pada Montblanc dan ambil misi Rocktoise kalau kamu belum mengalahkannya (dalam kasus saya). Dia akan memberimu beberapa hadiah kecil atas usaha yang sudah kamu lakukan (mendapatkan Esper pertama, dll). Pada Lv.19 atau 20 Roktoise akan mudah untuk dikalahkan, walaupun akan lebih mudah lagi kalau ada Vossler. Berikan senjata panah yang kuat pada salah satu karaktermu, seperti Longbow, kemudian dua yang lain menggunakan senjata jarak dekat dan menggunakan Berserk. Pastikan kamu sudah memakai Protect sebelum kamu melawannya. Setelah menang kembalilah pada Pilika untuk mendapat 1200 gil, Hi-Potion dan heavy Coat. Bicara lagi padanya dan dia akan memberikanmu Merchant’s Armband dan memintamu untuk mengambilkan Diarynya. Ambilkan Diary itu untuknya di Toko Tekhnik (kamu bisa membacanya kalau kamu mau). Kembalikan padanya dan pilih yes atau no, kamu akan mendapatkan hadiah yang lebih bagus kalau kamu memilih no (Shepherd’s Boleno pilih yes, Kilimweave Shirt pilih no).
Hunts lainnya yang tidak dapat saya selesaikan sebelumnya adalah Wyvern Lord. Ambil misi ini di Sandsea, lalu pergi ke toko senjata Rabanastre untuk memulai misi ini. Wyvern Lord tidaklah terlalu tangguh tapi kamu harus memiliki senjata jarak jauh yang kuat untuk bisa mengimbanginya (seperti Elfin Bow). Gunakan itu pada ketiga petarungmu lalu teleport ke Tomb of Raithwall. Kembali satu layar ke area sebelumnya dan ambil jalur menuju ke TimurLaut dan kamu akan sampai di area dimana Wyvern Lord berada. Kalau kamu sudah melihat titik merah besar di mini map, jangan langsung menghampirinya, tapi singkirkan dulu semua Bagoly dan monster lain yang ada didekatnya. Kalau sudah, gunakan Protect pada semua dan juga Berserk palingtidak satu dari tiga pemanahmu. Wyvern Lord sangat suka menggunakan Aero, dan juga taktik yang baik saat dia akan mati yang akan mengakibatkan karaktermu terkena Status Sap (kebalikan dari Regen). Dengan panah yang kuat dan juga Protek untuk meminimalkan kerusakan, kamu pasti bisa mengalahkannya dengan mudah. Hadiahmu adalah 1000 gil, Longbow, dan Shell Shield.

Rabanastre
Masih di Rebanastre, Party mu akan pergi ke Giza Plain (kemudian ke selatan daerah itu) ke Ozmone Plains. Sebelum kamu kesana, Ambil misi Hunts melawan Croakadile karena dia berada di Giza Plains. Kamu akan mengetahui ada banyak Hunts yang bermunculan bahkan sampai Hunts Lv.5. Tapi saya tidak bisa mengalahkan semua yang Lv.5.

Giza Plains
Musim di daerah ini sudah berganti dan akan ada air dimana-mana. Ini akan mengakibatkan ada jalan baru yang sekarang bisa kamu lalui, dan juga ada banyak monster ber-elemen air disini (seperti Frog). Hyena dan musuh lainya yang pernah kamu lawan sebelumnya sudah tidak terlalu banyak lagi.
Pergi ke area bagian tengah yang ada save nya, lalu bicara pada orang yang bertuliskan who is by himself. Dia akan membuatmu bisa memulai misi Croakadile. Kamu akan pergi ke BaratDaya dari Giza Plain lalu lewati jembatan kemudian Croakadile akan lompat ke arah mu lalu kamu akan melawannya.
Sebelum kamu melewati seluruh bagian jembatan, gunakanlah Protect dan Shell pada semua petarungmu, kemudian Berserk pada 2 karakter. Jalan lagi dan kamu akan bertemu dengan Croakadile. Gunakan karakter yang tidak memakai Berserk untuk menyembuhkan dan menyerang menggunakan panah dari jarak jauh. Croakadile akan menyerang, dan akan menggunakan Growing Threat (meningkatkan levelnya) dan juga Aqua Bubbles (serangan Air). Dia tidak begitu sulit untuk dikalahkan, lalu kamu akan mendapatkan Ring of Toad.
Kembali lagi pada orang yang ada di tengah Giza Plains, yang akan memberimu 1200 gil, Serpent Rod, dan Teleport Stone atas usahamu. Akn lebih baik kalau kamu sekarang mengambil Hunts yang ada di Jahara untuk melawan Slaven sebelum kamu melanjutkan perjalananmu.

Ozmone Plain
Area ini punya banyak monster berukuran besar dan sulit dilawah khususnya saat pertama kali kamu melawannya. Disini cuman sedikit area yang bisa dijelajahi jadi santai saja. Monster Zu bisa dikalahkan dengan mudah menggunakan Elfin Bow. Kamu juga akan bertemu dengan beberapa Viper, Black dan Red Chocobo (yang kadang – kadang akan tertidur), Mesmenir, Wu, Hybrid gator, dan yang paling kuat diantara mereka Zaghol.
Satu Layar ke Selatan dan ditengah – tengah area ini akan ada jalan menuju ke Zertinan Caverns. Dua layar ke Selatan lalu ke Barat adalah Jahara, Land of garif. Jalan yang ada di bagian TimurLaut adalah jalan menuju ke Golmore Jungle, save crystal, dan seorang Game Hunter.
Area di bagian Timur terdapat lebih banyak monster dan lebih tangguh. Area di bagian barat akan dipenuhi oleh Viper dan Mesmenir, monster yang lebih lemah. Kalau kamu sudah siap, ambillah jalur yang menuju ke jahara.

Jahara, Land of the Garif
Ketika kamu memasuki Jahara Land of Garif, kamu akan berada di area yang bernama Banks of Sogoht dimana disini ada save yang bisa kamu gunakan. Bicara pada Cartography’s Guild Moogle kalau kamu mau membeli peta, lalu bicara pada penjaga yang ada di dekat jembatan untuk melanjutkan perjalanan. Garif yang pernah kamu lihat berjalan di sekitar Ozmone Plain akan datang dan menujimu karena kamu dapat mengalahkan banyak monster. Kemudian, kamu akan berjalan menuju ke Barat untuk berbicara pada Elder kemudian baru kamu akan mempunyai waktu luang untuk belanja. Pergilah ke Golmore Jungle untuk melanjutkan perjalanan karena larsa yang memintamu untuk pergi ke sana. Sebelum itu, bicaralah pada Low Chief Sugumu di Utara dari area paling Barat untuk memulai Hunts Enkelados (saya harap kamu mengambil misi ini sebelum sampai ke sini).
Kembali ke Ozmone Plains lalu pergi ke Shred area. Habisi semua monster yang ada. Lalu tinggalkan area ini dan masuk kembali Enkelados sekarang akan ada disini, tapi sebelum kamu menghampirinya pakai Protect pad semua dan Berserk pada karaktermu. Larsa akan menjadi bantuan yang bisa diandalkan jadi usahakan dia tetap hidup dan tidak memakai Berserk. Guanakn karakter yang memakai panah untuk menyerang sambil menghindar darinya sementara yang lainnya tetap menyerang, karena Enkelados bergerak sangat lamban. Ini akan memudahkan karaktermu menyerangnya dengan mudah. Kamu tidak akan menghadapi kendala yang sulit saat melawannya, walaupun dia akan menggunakan Restore beberapa kali setiap HP nya tinggal sekitar 25%. Setelah menang, dia akan menjatuhkan Ermonea Leaf dan Low Chief Sugumu akan memberimu 1100 gil, Ether dan juga Golen Amulet (item ini bisa membuatmu mendapatkan LP 2X lebih banyak).

Golmore Jungle
Pergilah ke Golmore Jungle dan kamu akan melihat beberapa cuplikan. Ada banyak panther disini, begitu juga dengan Malboro. Kalau kamu mengambil jalan ke Barat kamu akan bertemu dengan monster yang berbahaya Hellhounds, hati – hatilah pada mereka (mereka bisa muncul kembali). Jalan menuju TimurLaut adalah area dengan beberapa Gorgoyle, dan kalau kamu mengambil jalan ke Timur kamu akan melihat beberapa jalan akan dihalangi oleh Barrier. Ditengah dari area BaratLaut terdapat peta dari Golmore Jungle. Dan, kalau kamu berjalan di bagian timur / tenggara, Fran akan memperlihatkan jalan rahasia pada partymu jadi kamu bisa menemui bangsa Veira. Jalan rahasia itu terletak di dekat monster besar yang tidak akan menyerang kecuali diganggu (Monster Treant). Kamu harus berbicara pada hutan untuk mebuka jalan menuju ke Eruty Village

Eruyt Village
Fran akan memintamu untuk mencari Myrn dan membawanya pada Fran. Moogles akan datang, salah satu diantaranya adalah pedagang. Banyak Accessoris bagus disini, dan Magic yang sangat berguna Curaga. Dia juga memiliki magic unik lainnya yaitu Float.
Jalanlah ke dalam dan bicara pada semua orang, walaupun mereka sepertinya tidak menerimamu. Kamu akan bertemu dengan Jote lalu cuplikan akan muncul. Myrn sebenarnya tidak ada disini, dan Fran bisa merasakannya. Sekarang pergilah lalu menuju ke Henne Mines, bagian selatan dari Ozmone Plains.
Dijalan kamu akan bertemu dengan Imperial (saat kamu keluar dari Golmore Jungle), bicaralah pada mereka. Berikan mereka Potions, dan bicara pada mereka lagi untuk meminjam Chocobo dari mereka. Pergilah ke layar berikutnya yang ada di Barat Ozmone Plains dan kemudian ke selatan dimana kamu akan melihat Chocobo kuning berada. Sebenarnya, kamu bisa melewati jalan itu (hanya dengan memakai Chocobo), dan kamu akan melihat Chocobo lagi. Teruslah berjalan ke Tenggara dan kamu akan berada di area berikutnya, yang sebelumnya tidak bisa kamu datangi. Turun dari Chocobo di ujung jalan lalu masuklah ke Henne Mines.

Henne Mines
Ada banyak monster kelelawar disini, seperti Redmaw dan Seeker.
Saat kamu masuk, ambil jalan ke kanan dan turun tangga untuk melanjutkan perjalanan, tekan Switch berwarna biru yang akan kamu temui untuk membuka gerbang. Terus berjalan sampai kamu masuk ke area berikutnya. Disini kamu akan melihat 2 gerbang yang terbuka dan 2 yang lain tertutup. Bicaralah pada Imperial lalu tekan Switch, tapi beberapa Jelly akan jatuh dari atas. Merek sulit dihadapi karena mereka terus membelah diri, saya tidak bisa membunuh semuanya. Jadi, saya berjalan menuju ke arah gerbang yang baru saja terbuka untuk mengambil peta daerah ini (setelah melawan beberapa kelelawar).
Ambil peta dan kembali ke ruangan yang ada switchnya. Tekan lagi switch itu lalu ambil jalan ke Barat dari peta (jalan yang belum kamu lalui). Lanjut ke ruangan berikutnya dimana kamu akan menuruni banyak anak tangga dan melawan banyak Redmaw. Di area berikutnya yang terlihat seperti gua, dan pergi ke Timur sampai ke jalan buntu untuk mengambil treasure dan melawan Nightmare. Sekarang kembali dan ambil jalan lurus, jalan yang tidak kamu lalui sebelumnya. Kamu akan menemukan beberapa treasure di Bagian paling Selatan yang dekat jalan buntu, tapi kemudian pergi ke Selatan dan Timur untuk menuju ke area selanjutnya (lihat di peta untuk lebih jelasnya).
Kalau kamu mengambil jalan buntu di Utara mengarah ke Selatan tepat sebelum area berikutnya kamu akan bertemu dengan Thunderbug (mereka terlihat mirip seperti Treasure padahal sebenarnya monster). Di layar berikutnya, pergi ke Utara dan ambil jalan ke Timur untuk melawan Tyranorox. Dia sangat kuat, tapi tidak mustahil untul dikalahkan, terus serang dia. Jalan disini akan terkunci, jadi pergi ke Utara melewati Tyranorox dan beberapa Redmaw kemudian kamu akan berada di area selanjutnya.
Dua Thunderbug lagi di bagian Selatan. Jalan dikiri akan tertutup, jadi pergi ke Utara lalu Timur lalu Selatan sampai kamu menemukan Switch yang bisa ditekan, pintu yang sebelumnya terkunci (dekat Tyranorox) akan terbuka, jadi jalanlah kesana. Kamu harus kembali dan jalan ke Barat lalu ke Utara untuk jalan keluar. Sekarang pergi ke Utara, pintu yang sebelumnya tertutup akhirnya akan terbuka.
Sebuah cuplikan akan terjadi dan kamu akan melihat Myrn, dia akan merasakan kehadiran manusian dan dia akan lari. Setelah kamu bisa mengendalikan karaktermu kembali, save lalu jan lagi. Tiamat akan menghambat perjalananmu. Ini pertempuran sulit, dan dengan Disablega, ada kemungkinan kamu tidak bisa menggerakkan karakter (dalam jangka waktu tertentu). Gunakan Protect, Shell juga akan berguna jadi gunakan itu juga. Menggunakan Berserk dan mengusahakan agar Larsa tetap hidup adalah sesuatu yang sangat penting. Dia akan menggunakan Aero dan menyerang dengan fisik, tapi selama dia tidak men-Disablekan karakter yang tidak memakai Berserk, kamu akan dapat mengendalikan pertempuran ini. Menjauhlah darinya saat dia menggunakan jurus yang kuat seperti Breath. Di saat akan mati dia akan menyerang dengan sangat ganas, jadi persiap Raise kalau dibutuhkan.
Setelah pertempuran Tiamat akan kalah. Myrn kemudian tidak sadarkan diri dan dia akan menjatuhkan berda kecil yang bersinar, nethicite itu akan hancur. Myrn kemudian sadar dan berbicara pada partymu. Larsa kemudian akan mengambil Nethicite dari Penelo dan setelah itu kamu akan kembali berada di Eruty Village. Kamu akan menerima Lente’s Tear dan Myrn ingin ikut bersamamu tapi tidak diperbolehkan. Save dan bersiap untuk menuju Golmore Jungle untuk berjalan ke area yang sebelumnya tidak bisa kamu datangi.

+ Lanjut ke Walkthrough Final Fantasy PS2 part 5&6+
======================================


0 komentar:

Posting Komentar